Kamis, 30 Maret 2017

ke psikolog dulu, baru ke psikiater

banyak masyarakat yang bingung ketika mengalami problem psikis apakah harus ke psikolog dulu atau langsung ke psikiater. Mestinya jika gangguan itu masih dalam kategori psikis maka saran saya adalah datang psikolog dulu, kecuali kalau sudah ada halusinasi, sudah ada kecenderungan psikotik seperti mengamuk, bicara sendiri atau gejala parah lainnya sebaiknya ya langsung ke psikiater.
kenapa ke psikolog dulu, karena dengan psikolog akan diberikan solusi solusi praktis tentang masalah kehidupan yang sedang dialami, masalah masa lalu misalnya traumatis atau kecemasan terhadap masa depan. jika datang ke psikiater maka akan langsung diberikan obat, jarang psikiater yang mau diajak berdiskusi menyelesaikan masalah psikis biasanya mainnya di gejala yang mengganggu apa kemudian langsung di berikan obat. ya gejalanya dalam jangka waktu dekat akan selesai tapi masalah psikis tidak selesai dan akan kambuh lagi. Obat hanyaberfungsi sebagai penekan gejala tapi tidak menyelesaikan masalah dari akar.
baik saran saya konsulkan masalah psikis anda ke psikolog kemudian jika psikolog memang perlu bantuan ke psikiater maka dia akan memberikan rujukan ke psikiater. Lebih menyelesaikan masalah psikis tanpa obat ...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar