Selasa, 17 Maret 2020

bagaimana membuat klien menerima masalahnya

prinsip konseling adalah bagiamana mebuat klien bisa menerima masalahnya. ini sesuatu yang harus terjadi pada saat konseling, yaitu dengan menerima klien apa adanya. Dengan menerima klien apa adanya maka klien juga akan menerima apa yang sedang menjadi masalahnya. Untuk bisa menerima klien apa adanya sebagai psikolog kita gunakan teknik teknik konseling, misalnya mendengarkan dengan penuh perhatian, merefleksikan pikiran dan perasaan secara verbal dan beberapa teknik lainnya. Tabu bagi seorang konselor mengatakan kepada klien bahwa dia harus menerima masalahnya tanpa memberikan penerimaan apa adanya kepada klien.
menerima klien diperlukan sebuah kesiapan mental dari konselor. Penerimaan yang setengah setengan akan membuat klien semakin tidak bisa menerima masalahnya. atau seorang konselor malah terlibat secara emosional dengan klien ini akan mengakibatkan klien tidak akan bisa mencapai keadaan penerimaan terhadap masalahnya terlebih terhadap dirinya sendiri.
untuk menerima klien hingga klien bisa menerima masalahnya dan menerima dirinya sendiri seorang konselor harus memiliki rasa seni berkomunikasi yang unik yang khas untuk klien tersebut. Dan ini dapat di diperoleh konselor dengan banyak menerima klien. Menerima klien akan memberikan jam terbang bagi konselor dan semakin expert dalam bidang konseling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar