Rabu, 18 Maret 2020

Mengoptimalkan perkembangan intelektual anak dengan gadget

gadget dapat menjadi stimulus terhadap perkembangan intelektual anak. Contoh misalnya youtube, dengan menonton youtube anak akan mengenal berbagai kosa kata secara maksimal, itu artinya otak anak akan optimal dalam menyerap berbagai kosa kata. Anak memiliki kemampuan menghafal yang lebih sebab otak sedang mengalami pertumbuhan dengan memberikan tontonan yang bermanfaat akan memberikan stimulus kosa kata secara maksimal. Kosa kata adalah modal utama anak dalam mengenal ilmu pengetahuan berikutnya, dengan mengenal kosa kata yang banyak serapan keilmuan akan mudah diterima anak karena dia paham banyak hal tentang istilah istilah yang digunakan.
Peran orang tua hanya mengontrol tontonan youtube anak saja. berikan tontonan yang anak sukai yang mengandung keilmuan bagi anak. Jadi orang tua mengarahkan dan mampu menjalin komunikasi dengan anak. komunikasi yang baik dari orang tua akan memberikan kesempatan bagi orang tua untuk mengarahkan anak memilih vidio video yang ia tonton. ,
Youtube juga dapat memberikan kekayaan berkhayal anak. Bayangkan ketika anak minta orang tuanya untuk diantar ke madagaskar.... kita dapat meresponnya dengan berbagai pertanyaan pertanyaan terutama kenapa dan mengapa, kenapa adik ingin ke madagaskar, mengapa disana, pertanyaan ini akan memacu kemampuan berpikir anak. Dia akan berusaha memainkan pikirannya etnce based" ini lah yang menjadi cara berpikir para ilmuwan. seorang thomas alfa edison memiliki alasan yang jelas kenapa dia harus bereksperimen bola lampu.
Nah sebagai orang tua dan pendidik peranan gadget ini sangat penting dalam kehidupan anak anak. Kontrol apa yang di lihat anak dan ajak dia untuk berdiskusi dengan apa yang ia komentari dari apa yang ia  tonton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar